Februari 12, 2013

Soundtrack




Pernah nggak sih ketika nonton film (terutama film drama), terus ada satu adegan yang bikin kita bilang “..ini gua banget”. Atau mungkin keseluruhan film itu intinya adalah “..ini film gua banget!!”, pernah kaya gitu?

Gua udah banyak banget nonton film, dan gua mikir kalo hidup yang udah gua lewatin selama ini juga bisa dibilang adalah sebuah film. Film dokumenter. Film sejarah. Sejarah gua. Dan gua sendiri adalah aktor dalam film gua sendiri. Hebatkan!! Gua seorang aktor!!

Tapi siapa yang nonton?
Tuhan?
Kenapa nggak? 
Atau gua bisa nikmatin sendiri. Lebih mendalami. Lebih private. Lebih indie. 
Gua yang jalanin, gua yang bikin, gua sendiri yang nonton. Kurang indie apalagi coba? 

Layaknya film dokumenter atau film sejarah, film gua ini adalah bagian dari masa lalu yang gua alami. Dan ketika bicara masa lalu, gua merasa ada momen-momen yang terekam sama mata, baik secara sadar maupun nggak. Mata yang berfungsi sebagai kamera ini merekam atau menjepret momen-momen itu yang kemudian disimpen di memori otak.

Tapi sebuah film menjadi kurang ketika nggak adanya lagu/soundtrack yang mengiringinya. Dan ini yang gua suka dari “Film gua”. Banyak cara buat masukin lagu ke dalam hidup ini. Misalnya pas lagi momen pedekate sama cewek, lagu yang didengerin kebanyakan(pasti)lagu yang berbau cinta. Begitu pun ketika patah hati, lagu yang didenger pasti lagu yang mampu ngebuat hati tambah ngejerit. Apalagi kalo lirik seluruh lagu itu pas banget sama apa yang lagi dialamin, taruhan sama gua, pasti lagu itu terus yang diputer.

Tapi nggak semuanya yang diputer dengan sengaja itu enak. Buat gua sendiri, lagu yang nggak sengaja atau random yang tiba-tiba muncul di telinga pun terdengar lebih dapet feel-nya, walaupun lagu itu nggak sinkron sama sekali dengan momennya. Tapi itu justru menambah daya ingat pas ngedenger lagu itu lagi di waktu yang lain.

Dan ini adalah beberapa lagu yang jadi soundtrack dalam “Film Gua” yang kalo gua puter lagi lagunya akan mem-flasback-an gua ke masa itu.

The Brandals – Obsesi Mesin Kota
Lagu yang bikin melek di awal kuliah dengan masih banyaknya jadwal pagi. Gua muter lagu ini di motor dalam perjalanan ke kampus.

The Cranberries – Ode To The Family
Jamannya nge-band pas SMA, gua sempet beli buku buat belajar bass gitu. Lagu ini gua kulik setelah gua pelajarin buku itu. Dan entah kenapa dulu gua pengen banget bawain lagu ini buat manggung. Sampe sekarang belum kesampean.

Lavender Diamonds – I Dont Recall
Waktu masih magang di majalah, gua disuruh nge-review beberapa band yang sama sekali gua nggak tau. Dari beberapa band gua milih band ini. Selama nulis, I Don’t Recall cukup terngiang di kepala.

The Rain – Jangan Pergi
Kalo sebuah lagu dicocokin dengan suasana kaya apa pas ngedengerinnya, band ini justru beda. Nama dari band inilah yang mempengaruhi suasana pas ngedengerin lagu-lagu mereka. The Rain enak banget didenger pas hujan.

Indie Art Wedding – Cinta Itu Sengit
Nemenin selama baca novel Perahu Kertas.

James Morrison – If The Rain Must Fall
Keluar jalanan dengan kendaraan di jam pulang kerja emang malesin banget. Waktu itu gua terpaksa ngelakuinnya buat ketemu temen Setelah bermacetan, lagu ini nggak sengaja gua temuin di IPod temen dan langsung ngebuat gua buat menikmati kelelahan itu.

Adhitya Sofyan – After The Rain
Dikirimin liriknya sama “temen” di “sebrang”. Baca liriknya, maka paham maksudnya. Tapi gua sama dia-lah yang bener-bener tau jalan ceritanya. (yaaa.….selain Tuhan)

WSATCC – Kisah Dari Selatan Jakarta
Lagi suka dan ngedeketin seorang wanita yang sekarang jadi temen curhat. Sebelumnya, lagu ini emang lagi anteng banget di kuping.

Dewa19 – Kasidah Cinta
Sempet naksir sama cewek berjilbab di kampus. Notabene-nya sih temen gua, cuma pas dia belum pake jilbab sih biasa aja. Waktu itu kebetulan ketemu di bank deket kampus dan lanjut beberapa scene di kampus. Intro lagu ini ngingetin pas dia buka pintu bank waktu itu.

Evo – Dia Dan Aku
Di sebuah event nggak sengaja ketemu wanita yang mukanya sering gua liat. Pas di gedung, gua jalan ke arahnya dan begitu sebaliknya. Momen saling-liat-tanpa-bicara pun nggak bisa dihindarin. Berasa di freeze, hanya beberapa detik. Tapi lagu ini mengabadikannya sampe sekarang.

Rocket Rockers – Reuni
Pas denger lagu dan liriknya, gua langsung dibawa ke jaman SMA dan keinget temen gua yang lagi di Amrik.

Rumah Sakit – Terbalik
Nunggu cewek buat ketemuan di daerah Bulungan. Lagu ini keputer terus tanpa gua sadarin.

Kings of Leon – Dusty
Di balkon rumah temen ada ranjang kecil, gua kaya nantangin matahari pagi, tidur disitu. Gua pake kacamata item sambil dengerin lagu ini dengan wajah yang lelah setelah ngabisin malem di “dunia lain”.

Sheila On 7 – Ingin Pulang
Jarak dari kampus ke rumah gua di Bekasi, ditambah macet yang udah nggak bisa ditolererin emang maksa gua buat selalu pulang malam. Gua mengakalinya dengan mampir ke rumah temen sebelum bener-bener pulang. Bahkan nggak nutup kemungkinan buat gua menginap. Seringkali pertanyaan “pulang apa nggak?” gerayangin kepala gua. Tapi saat itu lagu ini muncul dan mengarahkan badan buat pulang ke rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar